[Sabiltory 9] U Did It!

Oh ya, fyi, saya sedang menjadi bagian #generasi GIGIH2.0 ! 
Dan tulisan ini saya buat untuk menyelesaikan salah satu tugas di section soft skill. Topik pembahasan kali ini adalah bagaimana cara menghadapi suatu perubahan yang saat ini saya alami dan cara saya menerima perubahan itu.
sabiltory
Berada di lingkungan baru tidak menutup kemungkinan kita pasti akan berada di fase yang biasa orang sebut BERADAPTASI. Tak jarang seseorang butuh waktu lama beradaptasi dengan lingkungan barunya. Ada juga yang sangat cepat mengatasi perubahan yang hadir ini. Bisa jadi dia cepat menyesuaikan interaksinya dengan orang-orang baru di sekitarnya. Dia yang lambat mengatasi permasalahan ini, akan tertinggal jauh dari yang lain. Solusinya hanya satu, Harus Tau dan Mau Mencari Cara Untuk Mengatasi Perubahan Itu.

Saya pun berada di fase beradaptasi ini. Sebagai mahasiswa, saya pun melakoni peran sebagai seorang aktivis. Tentu saja agenda rapat masuk dalam agenda pekanan saya. Kurang lebih sudah 2 tahun lebih saya melakoni peran tambahan ini, dimana saya dituntut harus mampu berkomunikasi dan bekerjasama yang baik dalam suatu bidang atau tim. Sebagai orang yang individualisme tulen, hal ini sangat sulit untuk penyesuaiannya.Saya hanya berpikir bahwa pekerjaan lebih cepat selesai jika saya melakukannya sendiri. Dan meminta orang lain membantu saya melakukannya akan menyusahkannya. Sehingga hal ini berakibat pada program kerja yang tak berjalan secara maksimal.

Sepekan yang lalu, saya baru tahu bahwa ada lima aspek dalam masalah beradaptasi ini. Diantaranya :
  1. Ways of Working (Cara Bekerja)
  2. Ways of Interacting (Cara Berinteraksi)
  3. Ways of Achieving (Cara Menerima)
  4. Ways of Learning (Cara Belajar)
  5. Ways of Thinking (Cara Berpikir)

Sebenarnya, mengikuti organisasi ini adalah salah satu cara yang saya tempuh agar diri saya keluar dari zona nyamannya menjadi introvert. Setelah saya mempelajari lima aspek diatas, saya sadari bahwa saya perlu belajar bagaimana cara menerima lingkungan baru ini. Ya, Ways of Achieving.
sabiltory
Saya sadari bahwa sebuah organisasi itu bisa berjalan dengan baik karena adanya kerjasama tim, kita pasti akan menghasilkan yang baik ketika mengerjakannya sendirian namun kita akan mendapatkan yang terbaik bila mengerjakannya bersama-sama. Apapun hasilnya, jika dikerjakan bersama akan menciptakan 2 hal, pengalaman dan keakraban.
Disini saya mengerti, bahwa sebagai mahasiswa-aktivis bukan menjadikannya sebuah obsesi semata untuk dibilang ‘keren’, ‘menjadi ketua’ dsb melainkan lebih melihat ke arah bagaimana proses, pemahaman dan interaksi yang terbangun dengan orang lain. Hasilnya dapat dilihat ketika terbangunnya koneksi yang luas dengan orang banyak yang membuat kita lebih siap menghadapi lingkungan masyarakat.  

Untuk itu saya pun belajar tentang bagaimana bekerjasama dalam tim, membagi tugas, sehingga pekerjaan cepat terselesaikan. 

"Karena menjadi pribadi hebat ga bisa diraih dengan cara santai-santai. Sepakat?"
 


Terimakasih sudah membaca dan tak bosan mengoreksi tulisan ini 🍀

Salsabilakp Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Twitter : @salsabilakp2208 IG : @salsabilakp2208

1 Komentar untuk "[Sabiltory 9] U Did It!"

Scroll lagi keatas untuk klik "Tulis Komentar". Biar author makin semangat nulisnya 🍀

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

ttd