Evernote | Rekomendasi Aplikasi Untuk Catatan Keuanganmu!

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Setiap pengeluaran perlu ada catatannya. Apalagi yang tipenya suka menuh-menuhin keranjang di shopee, eh tau-taunya kalap di checkout semua, alhasil budget uang bulanan yang kamu sisihkan jadi tidak cukup untuk sebulan :)

Tulisan ini saya buat untuk kamu yang berencana untuk mulai membuat catatan keuangan sendiri sekaligus berbagi kepada pembaca sekalian kalau sepenting itu untuk buat catatan keuangan.

Check it out!

Jadi saya sudah sekitar 2 bulan konsisten mencatat pengeluaran. Awalnya saya juga sulit sekali kontrol pengeluaran dan alhamdulillah akhirnya tergerak untuk meluangkan waktu memikirkan catatan pengeluaran ini. Saya cukup bangga dengan diri sendiri karena bisa menabung Rp12.000,- dengan budget awalnya itu Rp300.000,- /bulan. Nah bagi kamu yang belum ada catatan pengeluarannya dan bingung mau mulai dari mana, berikut ini rekomendasi aplikasi yang bisa kamu coba.

Photo from google

Apa itu evernote?

Evernote merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan penggunanya membuat catatan/notes, menyimpan ide-ide, mengumpulkan artikel-artikel yang ditemukan saat browsing dan ditambah dengan akses dari berbagai macam perangkat digital seperti desktop, smartphone, iPad dan lain-lain.

Perangkat lunak ini mirip dengan Sticky Notes yang ada pada Windows 7 dan Vista, namun dengan fitur yang lebih lengkap. (Sumber: Wikipedia)


1001 Kemudahan Aplikasi Evernote

🧩Sebagai notebook

Ini merupakan fungsi utama pada aplikasi evernote. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai aplikasi untuk mencatat ide-idemu. Selain itu fitur ini dapat diatur privasinya. Jadi lebih aman dari para penyusup yang penasaran dengan isi catatanmu.

🧩Untuk membuat checklist

Salah satu fitur favorit saya, yaitu Checklist! Dengan fitur in kita bisa membuat daftar list kebutuhan dan menandainya ketika sudah selesai dikerjakan. Dengan fitur otomatis ini semakin mudah melakukan pengecekan ulang ketika diperlukan.

🧩Membuat voice note

Selain berbasis teks, kamu juga bisa membuat voice note loh! Keren banget kan! Ini berguna banget ketika sedang rapat atau ada kelas. Jika kamu malas mencatat kamu bisa manfaatkan fitur ini untuk menyimpan informasi dalam bentuk suara.

🧩Attachments

Fitur in ibisa digunakan untuk menyimpan lampiran mulai dari Cloud sampai file Google Drive.

🧩Adding web clippings

Fitur ini sangat membantu ketika kamu sedang melakukan penelitian di makalah, yaitu untuk menyimpan kliping tersebut ataupun menyimpan artikel web kliping. 

🧩Creating tables

Nah fitur ini biasa saya gunakan untuk melist  tugas-tugas kampus. Kita bisa berkreasi untuk membuat sebuah tabel berwarna dengan evernote.

🧩Bisa untuk berbagi

Dan kabar baiknya, file evernote yang kamu buat bisa dibagikan dengan penggunaan lainnya sesama pengguna evernote. Tentunya lebih efisien dalam penyampaian informasi.

🧩Setting reminder

Fitur reminder ini bisa disinkronkan dengan kalender, laptop maupun smartphone. Sangat berguna untuk kamu yang jadwalnya padat banget setiap hari. Tetap semangat!

🧩Syncing

Photo from google

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya aplikasi ini benar-benar bisa disinkronkan dengan kalender, laptop maupun smartphone. Sebelumnya pastikan dahulu bahwa aplikasi evernote sudah terpasang di laptop dan smartphone kamu ya!

🧩Mengembalikan data hilang

Jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti data yang hilang, kamu masih mengembalikan data tersebut dengan pilih menu Trash. Dan Tara.. data kamu kembali lagi! Alhamdulillah *Terimakasih evernote.. ga jadi panik hehe..


Catat Keuangan Kamu Menggunakan Evernote!

Dengan evernote, saya lebih mudah memantau pengeluaran setiap harinya. Dengan fitur checklist, sudah cukup bagi saya untuk menandai apa saja yang sudah dibeli atau yang sudah dilakukan. Sebenarnya ada template yang bisa digunakan secara gratis, namun saya lebih suka cara simpel ini.

Selain mencatat pengeluaran, saya juga menjadikan aplikasi ini sebagai Jurnal Agenda. Lebih praktis!

Photo from me

Sebelumnya membuat poin-poin kebutuhan, terlebih dahulu saya tetapkan budget bulanannya. Kemudian saya bagi kedalam tiga kategori budget tersebut.

Saya pribadi mencatat pengeluarannya dengan sangat detail. Agar ketika membeli barang yang serupa lagi bisa tahu selisih harganya. Selisih Rp 100,- juga harus dicatat.

Perlu diingat, kita perlu menyisihkan budget untuk tabungan sebagai dana darurat.  

Photo from me

Jadi pada rekapan bulan ini saya rapikan kembali dengan membuat poin-poinnya saja. Dengan membaginya kedalam tiga kategori yaitu penting, kurang penting dan tidak penting. Jadi bisa terlihat lebih banyak di kategori yang mana budget kita gunakan. 

Selain mencatat pengeluaran, saya juga menggunakan evernote sebagai jurnal agenda. Saya membuatnya mirip dengan catatan keuangan, namun bedanya saya gunakan tabel agar lebih rapi. Ada 3 kolom: Nama Mata Kuliah, Mulai, DL(Deadline), dan Catatan. 

Photo from me

Satu hal yang wajib saya sediakan untuk jurnal agenda ini adalah indikator warna sebagai tanda progressnya.  Saya bagi menjadi beberapa warna: due, on track, running, urgent dan complete.


Photo from google


Semoga yang membaca tertarik untuk coba aplikasi ini. 

Terimakasih sudah membaca🍀


Salsabilakp Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Twitter : @salsabilakp2208 IG : @salsabilakp2208

Belum ada Komentar untuk "Evernote | Rekomendasi Aplikasi Untuk Catatan Keuanganmu!"

Posting Komentar

Scroll lagi keatas untuk klik "Tulis Komentar". Biar author makin semangat nulisnya 🍀

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

ttd