Salsabilakp | Cara Mudah Memasang Favicon Di Blogger


Pada pembahasan sebelumnya tentang cara menghilangkan background berwarna putih sudah disinggung sedikit tentang favicon.

Flashback dari pembahasan sebelumnya, favicon itu akan tampak seperti ikon yang menjadi identitas visual blog atau website. Coba deh, perhatikan pada tab browser blog yang sedang kamu buka ini, lihat di pojok kirinya ada gambar cloverleaf , kan? Nah itu dia favicon dari salsabilakp | blog.

Kenapa sih harus ada favicon? 

Tujuannya cuma satu, untuk jadi daya tarik atau branding blog kamu. Sehingga pembaca akan lebih mudah mengingat blog kamu dari favicon-nya.
Rata-rata blogger newbie masih bingung untuk menentukan favicon blognya, iya apa iya? hehe. Keep Calm, guys. Tak perlu terburu-buru membuat favicon dengan bentuk logo yang keren. Untuk awal-awal buat saja favicon yang sederhana dahulu seiring kamu mengembangkan blog dengan tulisan-tulisan informatif. Seperti favicon berupa tulisan. Nanti dengan sendirinya kamu akan menemukan branding blog kamu. Dan itulah saatnya kamu buat favicon baru yang lebih good looking.

Oke, tanpa berlama-lama lagi, ini dia step by stepnya.

🍀 Yang pertama, ini paling penting, kamu terlebih dahulu sudah menyiapkan gambar yang akan dipasang menjadi favicon. Jika sudah ada, baru lanjut ke langkah berikutnya.

🍀 Kemudian buka halaman akun blogger kamu. Pada menu tata letak arahkan kursor ke pojok kanan bawah di menu favicon, lalu klik edit.


cara memasang favicon blogger





🍀 Untuk mengambil fotonya, klik button choose file.

favicon blogger



Cari gambar yang akan di jadikan favicon pada folder penyimpanan.

favicon blogger



Perlu diperhatikan. Untuk ukuran gambar yang diiizikan adalah max. 100kb, jika lebih dari itu maka akan muncul peringatan seperti ini.

error favicon blogger


Peringatan itu muncul disebabkan foto yang di pilih ukurannya 1 mb lebih. Jadi perhatikan lagi ukuran gambar yang akan dijadikan favicon.
Jika ukuran gambar melebihi 100 kb, kamu bisa resize ukuran fotonya secara online.

Jika ukuran foto yang yang digunakan memenuhi standar maka setelah di klik button simpan, maka tak ada peringatan yang muncul.

favicon blogger


🍀 Dan itu tandanya favicon sudah berhasil di aplikasikan.

favicon blogger



🍀 Done! 

Mudah, bukan? Kalau kamu ada kendala saat memasang favicon, tulis di kolom komentar ya?

Semoga tulisan ini bermanfaat.



Terimakasih  🍀

Salsabilakp Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Twitter : @salsabilakp2208 IG : @salsabilakp2208

Belum ada Komentar untuk "Salsabilakp | Cara Mudah Memasang Favicon Di Blogger"

Posting Komentar

Scroll lagi keatas untuk klik "Tulis Komentar". Biar author makin semangat nulisnya 🍀

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

ttd