HOMEMADE | Ini Dia Cemilan Sehat, Simpel Dan Enak Banget!


Dingin-dingin enaknya makan apa ya? Teh panas? Bakso? Atau nasi padang?

Waduh, auto nambah 5 kg nih kalau semuanya di makan ya? hihi.

Tenang, bil's! Author akan kasih tahu list makanan yang gak bakal bikin gendut tetapi bisa membuat bibil's kenyang seharian. Itupun kalau makannya sampai sekilo, ups.

List menu dibawah ini dijamin buatnya tidak pakai ribet. Karena apa? Yak, betul! Cukup terapkan metode memasak turun temurun ala nenek kita dulu. MEREBUS.

Ada yang tidak suka makanan direbus? Rugi banget kalau gak suka ya, hihi. Selain mudah buatnya, rasanya tidak kalah enak dengan makanan yang di goreng. Selain tidak memakai minyak sebagai media untuk mematangkan makanannya, dengan metode merebus dapat mengikat khasiat atau hal-hal baik yang ada di makanan tersebut untuk dikonsumsi. Selain mengenyangkan sekaligus menyehatkan juga, kan?
Nyam-nyam, I became hungry & how about you?
Nah sudah kebayang list makanannya apa saja?

Berikut urutan makanan versi author yang paling mudah buatnya + the most delicious !

Umbi-umbian

ubi cilembu boiled sweet potaoes

Siapa yang tidak tahu dengan ubi yang satu ini? 99% pasti tahu dengan makanan satu ini. Yang digambar namanya ubi jalar kuning. Masih ada saudaranya yaitu ubi jalar ungu. Ada juga namanya singkong. Cara masaknya cukup simpel.

Yang perlu disiapkan : ubi jenis apapun dan air kurang lebih 300 ml. Untuk penggunaan air secukupnya saja. Yang penting ubinya agak ke rendam nanti pas direbus. Oke, lanjut. 

How to make : 
🍠 Jika ingin merebus singkong, jangan lupa kupas terlebih dahulu kulitnya lalu potong-potong menjadi ukuran yang lebih kecil sesuai selera. Setelah itu cuci bersih ubi yang kita punya dengan air mengalir agar kotoran atau pasir-pasir yang berada pada ubi tersapu bersih dengan basuhan airnya. Note: ini berlaku juga untuk ubi jalar walaupun tidak dikupas kulitnya.

🍠 Setelah siap dibersihkan, panaskan air diatas kompor dengan api sedang atau bisa merebus air telebih dahulu dan di tunggu hingga mendidih sambil membersihkan ubinya. 

🍠 Setelah mendidih, lalu masukkan ubinya. Tunggu lagi hingga ubi empuk. 
Jangan lupa di cek ya. Kalau terlalu lama di rebus, bisa-bisa airnya gosong, deh. Jadi keep carefully. Tetap pastikan masak sampai ubi empuk dan airnya(red:air rebusan) tidak kehabisan.

🍠 Tes tusuk dengan lidi atau sejenisnya untuk tahu tingkat keempukannya. Jika sudah, angkat dengan mematikan kompor terlebih dahulu.

🍠 Dan taraaa.. ubi rebus pun siap untuk disajikan! 


Aduh... enak banget gak sih?? Ini baru berimajinasi loh ya, belum dibuat beneran, hihi.
Ayoo cuss.. kepasar, ke warung, ke manapun yang jual ubi dan coba dibuat deh. Pasti enak banget!

Kalau author paling suka ubi cilembu dari Desa Cilembu, Sumedang, Jawa Barat. Rasanya ada manis-manisnya gitu. Beda dari ubi-ubi yang lain. Sayangnya, yang menjual ubi cilembu dari tempat tinggal author cukup jauh. Butuh waktu 1,5 jam perjalanan untuk bisa mendapatkan sekeranjang ubi cilembu. Tetapi rasa lelah selama perjalanan terbayarkan setimpal pas cilembu sudah berada dipelukan.

Ubi cilembu is the best! Sarangheyoo.. Cilembuu! 

Pisang

pisang rebus boiled banana

Satu lagi kesukaan author. PISANG REBUS. Atau nama kerennya, boiled banana. Kalau cemilan ini masuk restoran harganya bisa setara sepotong daging saking autentiknya ya, hihi.

Sebenarnya pisang jenis apa pun enak dijadikan pisang rebus. Namun, author mau rekomendasikan pisang susu merah. Pisangnya seperti pada gambar ilustrasi diatas. Besar-besar gitu jadi dijamin cuma makan satu, langsung kenyang. (InsyaaAllah, hihi)

Buatnya juga simpel banget. Sama juga seperti merebus ubi.
Siapkan air yang mendidih. Kemudian masukkan pisang jenis apa pun(recommended: pisang susu merah). Tunggu sebentar samapi pisangnya empuk. Lakukan tes tusuk pada pisangnya. 
Jika dirasa sudah empuk, angkat lalu sajikan. Saran penyajian disajikan selagi hangat dengan ditemani segelas teh. ☕

Yam-yam..!

Selamat Makan! 🍴


Siomay


cemilan siomay kuah kacang

"Siomay sehat gak sih, kak?" Dengan percaya diri author jawab, YA!

Sesuai gambar ilustrasi, terlihat bahwa siomay itu terdiri atas berbagai isian yang dapat di mix. Ada kol rebus, telur rebus, tahu rebus, kentang rebus, tahu goreng isi bakso dan ada bakso juga.

Rata-rata siomay ini item-nya direbus jadi sudah pasti sehat. Apalagi ditambah kuah kacangnya, melengkapi kebutuhan serat dan protein untuk tubuh kita.

Author paling suka item yang direbus daripada item seperti tahu isi bakso dan baksonya. Walaupun tak bisa dipungkiri, bakso itu wuenak jiwaa, hihi. Perpaduan kuah kacang dengan item rebusan itu punya cita rasa yang unik dan bisa bikin kenyang seketika, humm.. udah kerasa lapar gak? Hahahahh.

Membuat seporsi siomay juga mudah. Karena untuk bakso budget-nya terlalu mahal jadi kita cukup siapkan bahan-bahan yang biasanya ada dikulkas saja seperti kol, tahu, kentang dan telur.

Cara buatnya masih sama seperti merebus ubi dan pisang.

Pertama-tama siapkan air yang sedang mendidih. Sebelum itu siapkan bahan-bahan yang akan direbus. Yang pertama kali direbus adalah kol, tahu dan kentang. Intinya jika menggunakan telur, letakkan pada urutan terakhir untuk merebusnya. Awali dengan bahan yang sifatnya tidak mengotori air rebusan. Nah setelah air mendidih, masukkan kol, kemudian tahu dan terakhir kentang.
Jika semua bahan sudah matang, matikan kompor lalu angkat. 
Kemudian siapkan bumbu kacangnya. Bisa dibuat sendiri atau membeli bumbu kacang di warung atau supermarket terdekat. 
Tata di piring semua yang sudah direbus tadi kemudian siram dengan saus kacang.

Taraa.. siomay pun siap disantap..!


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Nah itu dia 3 cemilan sehat yang mudah sekali untuk di buat selama #DiRumahAja. Dijamin rasanya tidak mengecewakan. Kelebihannya yaitu salah satu cemilan yang mengeyangkan. 😁

Tulis di kolom komentar dong, kalian lebih suka yang mana? Atau ada cemilan lain yang enak banget walaupun cuma direbus! Bisa tulis di komentar ya?
InsyaaAllah author update kalau ada tambahan cemilan sehat, simpel dan enak lainnya.



Terimakasih 🍀

Salsabilakp Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Twitter : @salsabilakp2208 IG : @salsabilakp2208

2 Komentar untuk "HOMEMADE | Ini Dia Cemilan Sehat, Simpel Dan Enak Banget! "

  1. wiih cemilan sehat dan praktis ini, siip Kak, yummmi banget jadi pingin, apalagi siomay nya itu ... huuum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. siomay emang paling the best sih mbak ilmair..
      Tapi saya lebih suka si cilembu... ^^
      Jadi lapar ya mbak kalo bahas bahas makanan hihi..

      Hapus
Scroll lagi keatas untuk klik "Tulis Komentar". Biar author makin semangat nulisnya 🍀

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

ttd